Pages

Minggu, 22 Desember 2013

Pengertian pendidikan

Pendidikan itu sendiri adalah yang bisa merubah merubah, membentuk, mengawal dan menjadikanya suatu kebiasaan yang baik dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan sikap dan perilakunya sehari - hari. Dimana dalam proses pendidikan butuh paksaan agar senantiasa anak itu mau melakukan sesuatu yang telah diperintahkan untuk sebuah kebaikan, butuh pengawalan agar ssenantiasa apa yang telah diberikan dan paksakan itu menjadi sikap atau karakter dalam kepribadianya, butuh pengawalan agar senatiasa terus berjalan dengan sempurna, pelatihan agar .senantiasa terlatih jiwanya untuk terus kuat dalam menghadapi segala hal yang telah di berikan sebelumnya, butuh penugasan agar senantiasa terus berkembang pengetahuan dan pengalamanya sehingga memungkinan nantinya itu menjadi pedoman dalam proses menjalani kehidupanya. Dan daripada itu semua maka akan menentukan sikap dan perilaku seorang peserta didik, dan itulah yang di namakan dengan pendidikan karakter dimana nantinya akan menjadi dasar dalam bersikap dan bergaul sebagaimana yang telah di dapatkan dalam masa menempuh pendidikan yang telah di lampauinya.
    Jadi semata - mata pendidkan itu tidak hanya sekedar menyampaikan maklumat kepada peserta didik dalam suatu ruangan dalam proses dan jangka yang telah di tentukan jenjangya tanpa adanya pemaksaan, pengawalan , pelatihan dan sebagainya maka itu akan hanya sekedar menjadi wacana pengetahuan dan pemikiranya dan belum tentu menjadi dasar pedoman sikap dan perilakunya. Maka peserta didik itu lebih banyak diskusi dan bicaranya daripada pelaksanaanya, karena mereka hanya di bekali teori tanpa ada prakteknya.
    Sebagaimana dalam kata mutiara Orang arab dulu dikatakan bahwa ilmu yang tidak di amalkan bagikan pohon yang tidak ada buahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About