Mempromosikan bisnis adalah dengan tampil di media besar, baik itu
media elektronik, cetak, bahkan online. Tapi tentu saja, tidak mudah
untuk bisa tampil di media, apalagi untuk bisnis yang baru merintis.
Kesulitannya
adalah, Anda tidak mungkin memasang iklan yang tarifnya cukup mahal.
Begitu juga dengan niatan untuk membuat wartawan memberitakan bisnis
Anda, karena mungkin mereka tidak kenal bisnis Anda.
Jadi apa yang harus dilakukan? Apakah melacaknya di LinkedIn, kirim email, kemudian menelponnya?
1. Cari tahu keinginan wartawan
Anda
bisa mengamati pergerakan mereka dari Twitternya. Beberapa wartawan
kerap melemparkan pertanyaan kepada followers. Ini adalah trik untuk
mencari minat khalayak dan inovasi menarik seputar bahan tulisan.
2. Memiliki cerita
Ada
banyak bisnis yang menarik, baik dari segi kuliner, wisata, atau lain
sebagainya. Tentu saja persaingan akan sangat ketat. Tapi bila Anda
memiliki cerita, misalkan kue apem buatan Anda pernah dimakan oleh Obama
kecil (dulu) saat lapar, atau menjadi makanan kesukaan John Lennon,
maka ini akan menarik untuk ditulis.
3. Buat media sosial yang menarik
Media
sosial merupakan perpanjangan merek Anda untuk menyebarkan informasi,
jadi berikan informasi semenarik mungkin. Banyak wartawan yang mengambil
informasi dari media sosial. Jadi, penting untuk melemparkan berbagai
hal yang membuat wartawan tertarik.
4. Mention mereka
Cara
yang paling dapat diandalkan untuk menggapai media adalah dengan
me-mention-nya di Twitter. Anda mungkin tidak akan mendapat jawaban,
tapi setidaknya merek Anda sudah terlihat, ucap Zach Seward, editor
senior dari Quartz.
5. Ikuti perkembangan berita
Sebagai
pebisnis, Anda juga dirasa perlu untuk mengetahui perkembangan berita
yang sedang ramai diperbincangkan. Setelah itu, hadirlah di sana dengan
cara apa pun. Menurut Anda, kenapa banyak produk yang hadir untuk
memberi bantuan kepada korban bencana? Bukan hanya untuk niat sosial,
tapi agar mereknya kelihatan.
6. Menggunakan website
Website
akan membantu wartawan mengetahui secara lebih dalam bidang bisnis
Anda. Tidak hanya itu, konten yang terdapat pada website juga memudahkan
wartawan untuk mendapatkan sumber pendukung. Misalnya seperti gambar,
video, atau teks.
Anda tidak perlu meragukan efektifitas keenam
cara di atas. Karena semuanya disampaikan oleh mereka yang sudah menjadi
senior di media ternama. Seperti Anthony De Rosa (editor in chief di
Circa dan mantan editor media sosial di Reuters), Beth J. Harpaz (editor
wisata untuk The Associated Press), Drake Martinet, redaktur sosial
untuk jaringan video berita Now This News, dan Mark Ragan.
(http://www.ciputraentrepreneurship.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar