Mempromosikan bisnis adalah dengan tampil di media besar, baik itu 
media elektronik, cetak, bahkan online. Tapi tentu saja, tidak mudah 
untuk bisa tampil di media, apalagi untuk bisnis yang baru merintis.  
Kesulitannya
 adalah, Anda tidak mungkin memasang iklan yang tarifnya cukup mahal. 
Begitu juga dengan niatan untuk membuat wartawan memberitakan bisnis 
Anda, karena mungkin mereka tidak kenal bisnis Anda.
Jadi apa yang harus dilakukan? Apakah melacaknya di LinkedIn, kirim email, kemudian menelponnya?
1.       Cari tahu keinginan wartawan
Anda
 bisa mengamati pergerakan mereka dari Twitternya. Beberapa wartawan 
kerap melemparkan pertanyaan kepada followers. Ini adalah trik untuk 
mencari minat khalayak dan inovasi menarik seputar bahan tulisan.
2.       Memiliki cerita
Ada
 banyak bisnis yang menarik, baik dari segi kuliner, wisata, atau lain 
sebagainya. Tentu saja persaingan akan sangat ketat. Tapi bila Anda 
memiliki cerita, misalkan kue apem buatan Anda pernah dimakan oleh Obama
 kecil (dulu) saat lapar, atau menjadi makanan kesukaan John Lennon, 
maka ini akan menarik untuk ditulis.
3.       Buat media sosial yang menarik
Media
 sosial merupakan perpanjangan merek Anda untuk menyebarkan informasi, 
jadi berikan informasi semenarik mungkin. Banyak wartawan yang mengambil
 informasi dari media sosial. Jadi, penting untuk melemparkan berbagai 
hal yang membuat wartawan tertarik.
4.       Mention mereka
Cara
 yang paling dapat diandalkan untuk menggapai media adalah dengan 
me-mention-nya di Twitter.  Anda mungkin tidak akan mendapat jawaban, 
tapi setidaknya merek Anda sudah terlihat, ucap Zach Seward, editor 
senior dari Quartz.
5.       Ikuti perkembangan berita
Sebagai
 pebisnis, Anda juga dirasa perlu untuk mengetahui perkembangan berita 
yang sedang ramai diperbincangkan. Setelah itu, hadirlah di sana dengan 
cara apa pun. Menurut Anda, kenapa banyak produk yang hadir untuk 
memberi bantuan kepada korban bencana? Bukan hanya untuk niat sosial, 
tapi agar mereknya kelihatan.
6.       Menggunakan website
Website
 akan membantu wartawan mengetahui secara lebih dalam bidang bisnis 
Anda. Tidak hanya itu, konten yang terdapat pada website juga memudahkan
 wartawan untuk mendapatkan sumber pendukung. Misalnya seperti gambar, 
video, atau teks.
Anda tidak perlu meragukan efektifitas keenam 
cara di atas. Karena semuanya disampaikan oleh mereka yang sudah menjadi
 senior di media ternama. Seperti Anthony De Rosa (editor in chief di 
Circa dan mantan editor media sosial di Reuters), Beth J. Harpaz (editor
 wisata untuk The Associated Press), Drake Martinet, redaktur sosial 
untuk jaringan video berita Now This News, dan Mark Ragan. 
(http://www.ciputraentrepreneurship.com)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar